Perangakat
keras ( hardware ) adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat
alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata,
yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Macam
– Macam Hardware :
Berdasarkan fungsinya perangkat keras komputer atau
yang sering disebut perangkat hardware yang terdapat pada sistem komputer
dapat di bedakan menjadi beberapa kategori, yaitu ;
- Alat Input
- Alat Proses
- Alat Simpan
- Casing Unit dan Central Prosesing Unit (CPU)
- Periferal
- Alat Output
ALAT INPUT
Alat
input (Input Device ) dalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat untuk
memasukan data atau perintah ke dalam komputer dan alat yang digunakan untuk
menerima input dari luar sistem, serta dapat berupa signal input atau
maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang
dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program
yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat
input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan sebuah
program.
Contoh alat input adalah :
1. Keyboard
Keyboard berfungsi sebagai alat
input untuk memasukkan perintah teks, karakter, atau menggerakkan objek pada
antarmuka grafis untuk diproses oleh komputer. Keyboard berbentuk papan ketik
yang memiliki tuts atau tombol huruf, tombol angka, tombol karakter khusus, dan
tombol fungsi. Ada beberapa jenis keyboard yang biasa kita temui, antara lain
keyboard 83 tombol, 101 tombol, 102 tombol, 104 tombol, dan 109 tombol. Ukuran
dan bentuk dari kedua alat ini cukup beragam, namun fungsinya sama saja.
2. Mouse
Mouse digunakan sebagai alat
untuk menunjuk dan menjalankan perintah pada menu‐menu yang tampak pada layar monitor.
Alat ini memiliki 2 tombol, tombol sebelah kiri digunakan sebagai tombol
perintah, sedangkan tombol kanan digunakan sebagai tombol shortcut. Ada lagi
tombol scroll yang digunakan untuk menggulung layar sehingga kita dapat
berpindah halaman secara cepat dari satu halam ke halaman yang lain.
3. Scanner
Scanner (pemindai) adalah alat
untuk memindai atau menyalin dokumen tercetak seperti gambar, foto, atau
tulisan menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer dalam sebuah
data digital.
Ada beberapa jenis alat scanner, seperti :
- Scanner gambar
- Scanner barcode
- Scanner sinar-x
- Scanner cek
- Scanner logam
- Scanner Optical Mark Reader (OMR)
- Scanner 3 dimensi
Scanner sendiri dapat dikelompokkan berdasarkan cara
memasukkan kertas, scanner gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:
- Flatbed
Pada pemindai gambar Automatic
Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada tray, lalu
satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan
adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas
bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh
gambar yang merepresentasikan kertas tersebut. Keunggulan pemindai Automatic
Document Feeder (ADF) adalah:
·
kecepatannya tinggi, dapat mencapai >
10.000 lembar per jam
·
dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada
saat yang bersamaan dengan imprinter
pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang
telah dipindai sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak
berteknologi Digital Mark Reader serta untuk
pengarsipan dan manajemen dokumen.
4. Joystick
Joystick (tuas kendali) adalah
alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke
segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi
ke komputer . Joystick ini umumnya digunakan untuk memasukkan perintah
pada dan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video game yang di
lengkapi lebih dari satu tombol digunakan untuk memasukkan perintah
pada saat kita menjalankan game komputer. Bentuk joystick menyerupai sebuah
tongkat yang dapat kita gerakkan ke beberapa arah, dan dilengkapi dengan
tombol-tombol di bagian atas.
5. Trackball
Trackball (bola jejak) adalah
piranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah
alat yang memiliki sensor gerakan umumnya terdapat pada mouse modern.
Trackball memiliki fungsi yang hampir sama seperti joystick, yaitu untuk
memasukkan perintah pada saat kita memainkan game, trsckbsll ini menyimulasikan
pergerakan vertikal mouse, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan muuse
berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar. Di dalam trackball
ini terdapat bola berukuran cukup besar sehingga ,udah untuk digerakkan.
6. Barcode
Reader
Barcode reader adalah alat yang
digunakan untuk membaca kode-kode berbentuk garis-garis vertikal (disebut
dengan BARCODE) yang terdapat pada kebanyakan produk-produk pelanggan .
Penggunaan barcode scanner ini mempunyai dua keuntungan tambahan. Yang pertama
akan memperkecil kesalahan input yang disebabkan kesalahan operator komputer
atau kasir. Yang kedua, penggunaan barcode scanner mempercepat proses entry
data, sehingga mengurangi jumlah antrian yang panjang.
7. Mikrofon
Mikrofon berfungsi untuk
memasukkan data berbentuk suara ke dalam komputer.Dengan bantuan perangkat
lunak tertentu, input suara tersebut dapat kita edit dan kita simpan di
komputer.
8. Touch
Sreen
Touch screen atau layar sentuh
adalah alat masukan yang memungkinkan kita memasukkan data maupun instruksi ke
komputer melalui sentuhan. Kita dapat menjumpai touch screen di tempat‐tempat umum yang
menyediakan informasi untuk umum atau di mesin ATM. Touchscreen ini telah
banyak kita jumpai di kehidupan sehari-hari kita seperti di HP atau di tablet.
9. Kamera Digital
Kamera digital lebih mudah digunakan karena karena tidak
menggunakan kertas film. Pengguna dapat mengambil gambar sebanyak‐banyaknya tanpa perlu takut gagal
karena gambar yang buruk dengan mudah dapat dihapus.Di samping itu,
file foto digital lebih mudah dipindah salin ke CD atau DVD. Dengan kamera ini
dapat mempermudah kita juga untuk mengambil moment-moment berharga yang kita
lewati kapanpun, dan saat kita berada dimanapun.
10. Kamera
Video
Kamera video atau sering disebut
camcorder adalah alat untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video
atau film. Hasil rekaman dapat ditransfer ke komputer dan diolah dengan
perangkat lunak khusus. Hasilnya kemudian dapat kita salin ke CD atau DVD.
ALAT
PROSES
Proses
merupakan instruksi atau perintah yang dikerjakan oleh komputer untuk
menjalankan operasi data serta operasi aritmatik dan logika yang dilakukan pada
data. Pemrosesan data dalam sebuah perangkat komputer dikerjakan oleh CPU
(Central Processing Unit/ Unit Pengolah Pusat). Selama proses data, data
tersebut diubah bentuk, urutan, dan strukturnya sedemikian rupa sehingga
didapatkan hasil yang diinginkan. Proses kerja komputer merupakan satu
rangkaian kerjasama antar beberapa komponen. Kinerja komputer tidak ditentukan
atau didominasi oleh suatu alat, namun paduan dari sejumah komponen. Hasil dari
pemrosesan tersebut disimpan dalam media penyimpanan data. CPU pada komputer
mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Micro¬processor adalah CPU
yang diproduksi dalam sirkuit terpadu (integrated circuit) sehingga tak heran
kalau istilah processor seringkali digunakan juga untuk menyebut CPU.
Contoh Alat Proses
1. Prosesor
Processor adalah alat utama yang
berfungsi mengolah datasecara digital. Processor sendiri sering disebut
sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya.
Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem
komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi
untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada
socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan
processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard.
Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung
dari jenis dan kapasitas processor. Di Indonesia kita mengenal beberapa merk
prosesor, diantaranya Intel, AMD (Advanced Micro Device), Apple, Cyrix VIA,
IBM, IDT, PowerPC dan Cyrix.
2. RAM
( Random Access Memory )
RAM ( Random Access Memory )
adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses seketika
tanpa mempedulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan
sequential memory (memori urut), seperti pita magnetik, disk dan drum, di mana
gerakan mekanikal dari memori tipe ini memaksa komputer untuk mengakses data
secara berurutan.
3. Mainboard
Mainboard atau
Motherboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen
serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem
mainboard . Pada Mainboard juga terdapat socket untuk processor, RAM, slot-slot
yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu
seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.
Penggunaan jenis processor akan sangat mempengaruhi pemilihan motherboard.
Fungsi
Mainboard adalah mengorganisasikan, mengatur dan menentukan alat yang terpasang
pada komputer, selain itu mainboard juga sebagai pusat semua perangkat
keras komputer / hardware, agar semua perangkat keras komputer tersebut bisa
berhubungan antara komponen yang satu dengan yang lain. sebagai contoh:
Processor, Memori(RAM), hardisk, optical drive, keyboard, mouse, monitor
dan semua perangkat keras komputer dipasang dan dihubungkan dengan menggunakan
motherboard sehingga komputer dapat berjalan dengan lancar.
4. Kartu
VGA
Kartu VGA (Video Graph Array)
adalah komponen komputer yang berfungsi menghubungkan mainboard dengan monitor.
Alat ini berfungsi memproses tampilan pada layar monitor. Besar kecilnya
resolusi dan ketajaman warna yang ditampilkan monitor, selain ditentukan oleh
monitor juga sangat ditentukan oleh kartu VGA.
5. Kartu
Suara
Kartu suarva (Sound Card)
adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan
suara, merekam suara dan mengolah suara. Pada awalnya, Sound
Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card
adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya,
sound card dibagi 3:
·
Sound Card Onboard, yaitu sound card
yang menempel langsung pada motherboard komputer.
·
Sound Card Offboard, yaitu sound card
yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada
motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
·
Soundcard External, adalah sound card
yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal,
seperti USB atau FireWire
ALAT SIMPAN
Alat
Simpan atau storage device adalah perangkat keras yang berguna untuk menyimpan
data dalam bentuk aslinya (biner). Penyimpanan sendiri dikategorikan menjadi
primer dan sekunder, penyimpanan primer itu adalah RAM (memory utama) yang
menguap. Penyimpanan kedua adalah penyimpanan permanen yang tidak menguap.
Kapasitas dari penyimpanan tersebut diukur dalam kilobyte, megabyte, gigabyte
dan terabyte. File dikategorikan sebagai program file atau data file yang
diubah menjadi master file atau transaksi file. Data itu tetap dalam
penyimpanan kedua untuk sementara sebelum diproses (sejumlah proses) atau bisa
menjadi proses yang cepat.
Contoh
alat simpan :
1. Hardisk
Hardisk (Cakram keras) yang
biasa disingkat HDD atau hard drive yang disingkat
HD adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan
data sekunder dan berisi piringan magnetis. Hardisk diciptakan pertama
kali oleh Insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Hardisk pertama
tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan
rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan
4,4 MB.
Perkembangan hardisk (Cakram keras) begitu pesat, dulu dari ukuran 0,6 meter
dan zaman sekarang menjadi hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
Lalu dahulu yang hanya berkapasitas 4,4 MB, kini sudah mencapai 1 TB (terabyte
atau 1 trilyun byte) dengan kecepatan 1000 rpm, dengan ukuran standar 3,5 inci. Data yang disimpan
dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik
(non-volatile).
2. CD
/ DVD – ROM
CD/DVD‐ROM adalah alat yang
digunakan untuk membaca CD atau DVD. Pada awalnya alat ini hanya bisa membaca
data saja. Perkembangan teknologi membuat CD/DVD drive dapat menulis atau
merekam data pada CD atau DVD.
3. Flasdisk
USB Flashdisk atau yang lebih
sering di sebut flashdisk adalah alat penyimpanan data memori
yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flashdisk ini
biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah.
Kapasitas penyimpanan data sebuah flashdisk cukup besar mulai dari
ratusan megabyte hingga beberapa gygabyte yaitu dari
64 megabita sampai 512 gigabita. Besarnya kapasitas media ini
tergantung dari teknologi memori yang digunakan.
4. Disket
Disket merupakan media
penyimpanan data yang terbuat dari cakram magnetik lentur (floopy).
Kapasitasnya yang kecil, yakni 1,44 MB, membuat disket tidakbanyak lagi
digunakan pada masa kini, kecuali untuk beberapa keperluan khusus.
5. Optical
Disk
Optical disk atau yang sering
disebut CD atau DVD merupakan media penyimpanan berbentuk cakram berdiameter
120 mm dengan lubang berdiameter 15 mm di tengahnya. CD hanya mampu menyimpan
data hingga 700 MB, sedangkan DVD mampu menyimpan data hingga 4,7 GB bahkan 17
GB. Sehingga saat ini lebih banyak menggunakan DVD walaupun CD tetap digunakan.
CPU
CPU (Central Prosesing Unit) merupakan otak
sistem komputer, dan memiliki dua fungsi operasional, yaitu :
· ALU
(Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan
· CU
(Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
Cara Kerja CPU
Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke
processing-devices, pertama sekali diletakkan di MAA (melalui Input-storage);
apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di
Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung
di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan
eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk
ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan
instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh
Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose
register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi
pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan
mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan.
Hasilnya ditampung di Akumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai,
maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk
ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah
selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan
dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu
selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan
ke output-devices.
PERIFERAL
Periferal
atau perangkat tambahan adalah perangkat keras yang dihubungkan
ke komputer untuk meningkatkan kegunaannya, dan karena periferal adalah
perangkat tambahan sehingga tidak di setiap komputer memiliknya.
Contoh
periferal :
1. Kartu
Jaringan
NIC atau Network Interface
Card adalah kartu jaringan yang berfungsi menghubungkan satu komputer
dengan komputer lain. Ada dua jenis kartu jaringan, yaitu kartu jaringan yang
menyatu dengan mainboard (onboard) dan kartu jaringan yang harus ditambahkan
pada slot PCI yang terdapat pada mainboard.
2. Modem
Modem berasal dari
singkatan Modulator Demodulator. Modulator
merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier)
dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang
memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa
yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem
merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua
arah dan berfungsi menghubungkan satu komputer lain ke komputer lain atau ke
internet melalui jalur telepon. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah
umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio,
dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai
perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer. Pada
umumnya, modem memiliki keceptan 56 kbps.
3. HUB
Hub atau disebut juga switch hub
adalah sebuah alat yang digunakan sebagai terminal jaringan komputer yang
menggunakan kabel UTP. Jumlah port yang dimiliki hub bervariasi, mulai dari 8,
12, 16, 24 hingga 32 port. Semakin banyak port yang dimiliki suatu hub, semakin
banyak pula komputer yang dapat dihubungkannya.
4. UPS
UPS atau Uninterupted Power
Supply adalah sebuah alat yang berfungsi memberikan tenaga listrik cadangan
pada saat listrik PLN tiba‐tiba
padam. Dengan UPS, komputer masih akan tetap hidup selama beberapa saat ketika
listrik padam sehingga kita berkesempatan menyimpan file dan mematikan komputer
melalui prosedur yang benar. UPS ini termasuk salah satu alat penting di setiap
komputer.
ALAT
OUTPUT
Informasi
yang telah diproses oleh komputer ditampilkan kepada pengguna melalui alat
output. Output devide berfungsi untuk menampilkan output sebagai hasil
pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke
monitor), atau berupa suara.
Peralatan
output dapat berupa :
· Hard-copy device, yaitu alat yang
digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau
film.
· Soft-copy device, yaitu alat yang
digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa
sinyal elektronik.
Contoh alat output :
1. Monitor
Monitor atau yang biasa disebut
juga screen atau display adalah alat output utama dalam sistem komputer yang
berfungsi menampilkan perintah, video dan informasi grafis yang dihasilkan dari
komputer melalui alat yang disebut kartu grafis (VGA Card) maupun hasil
pengolahan data secara langsung di dalam layar monitor. Dewasa ini kita
mengenal dua jenis monitor, yakni monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor
LCD (Liquid Crystal Display). Monitor ini bentuk fisiknya hampir sama dengan
televisi , hanya saja televisi biasanya mampu menampilkan informasi grafis
dengan ukuran resolusi yang lebih tinggi.
Ketajaman gambar yang ditampilkan pada sebuah layar
monitor sangat ditentukan oleh resolusi. Tipe-tipe layar atau monitor komputer
sekarang sangat beragam, mulai dari bentuknya yang besar yang memiliki layar
cembung sampai dengan monitor yang berbentuk tipis dengan layar datar (flat).
Ada beberapa jenis atau tipe monitor, tapi dalam kesempatan ini kami hanya
menjelaskan jenis dan fungsi monitor yang paling populer yaitu CRT dan
LCD.
2. Printer
Printer adalah alat untuk
menampilkan hasil pengolahan data dalam bentuk cetakan. Ada tiga jenis printer
yang saat ini beredar di pasaran, yakni printer dot matrix, printer inkjet, dan
printer laser. Ukuran kecepatan mencetak printer biasanya dinyatakan dalam
satuan cps (character per second), lpm (line per minute) atau ppm (page per
minute).
3. Proyektor
LCD
Proyektor LCD adalah alat yang
berfungsi menampilkan objek yang dihasilkan komputer ke bidang lain yang lebih
besar, misalnya layar presentasi atau tembok. Ukuran kekuatan sinar yang
dipancarkan proyektor LCD proyektor biasanya dinyatakan dalam satuan ANSI
lumens. Semakin besar ANSI lumens, semakin tinggi pula intensitas LCD cahaya
yang dipancarkan suatu proyektorLCD sehingga menampilkan tampilan yang lebih
baik.
4.
Speaker
Speaker ( pengeras suara )
adalah alat output audio, berfungsi mengeluarkan suara dari pengolahan data
audio yang terjadi di dalam komputer yaitu transduser yang mengubah sinyal
elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya
yang berbentuk membran untuk menggetarkan udara sehingga terjadilah gelombang
suara sampai di kendang telinga kita dan dapat kita dengar sebagai suara.
EmoticonEmoticon